Fakultas Hukum Uniku Berikan Penyuluhan Hukum di Majalengka

SangiangKUNINGAN – Dalam rangka meningkatkan kesadaran hukum dan pengetahuan hukum masyarakat, Fakultas Hukum (FH) Universitas Kuningan (Uniku) menyelenggarakan kegiatan penyuluhan hukum di Desa Sangiang Kecamatan Banjaran Kabupaten Majalengka, Jum’at (18/8).

Penyuluhan Hukum yang diselenggarakan di Balai Desa Sangiang tersebut bertemakan  “Meningkatkan Kesadaran Hukum Masyarakat Untuk mencegah Tindak Pidana”.

Sebagai pemateri dalam penyuluhan hukum tersebut, terjun langsung Dekan Fakultas Hukum Uniku Haris Budiman SH MH dan Suwari Akhmaddhian SH MH selaku Ketua Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH) Fakultas Hukum Uniku, PKBH FH Uniku merupakan Organisasi Bantuan Hukum (OBH) yang terakreditasi Kementrian Hukum dan HAM RI.

Dalam kegiatan penyuluhan hukum tersebut, juga dihadiri langsung oleh Kepala Desa Bapak Maman Badrujaman dan Perangat Desa Sangiang dengan peserta yang terdiri dari berbagai unsur masyarakat yang berjumlah sekitar 45 orang.

Kepala Desa Sangiang dalam sambutannya, menyampaikan terima kasih kepada pihak FH Uniku yang telah bersedia datang langsung dari kuningan untuk memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat di desanya.

Pihaknya merasa sangat terbantu dengan adanya kegiatan penyuluhan hukum yang sangat banyak manfaatnya itu.

“Kegiatan ini merupakan program kerja mahasiswa KKN Uniku dari Kelompok 35 yang bekerjasama dengan Fakultas Hukum Uniku untuk penyelenggaran kegiatan penyuluhan hukum di sini,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua PKBH FH Uniku menyatakan bahwa penyuluhan hukum yang dilakukan di Desa Sangiang merupakan akhir kegiatan penyuluhan hukum marathon yang sudah dilakukan oleh PKBH mulai dari Desa Sunia Baru, Desa Sunia, Desa Darmalarang, Desa Girimulya, Desa Hegarmanah dan yang terakhir adalah Desa Sangiang dan pemateri dari penyuluhan hukum adalah Dosen-dosen dari Fakultas Hukum Uniku, Suwari Akhmaddhian SH MH mengungkapkan untuk mewujudkan keadilan dapat dilakukan dengan memberikan perlindungan hukum bagi seluruh lapisan masyarakat, yaitu dengan sarana memberikan pengetahuan di bidang hukum dan pendampingan hukum.

Dekan FH Uniku, Haris Budiman.,S H,M H. menyatakan bahwa masyarakat, khususnya masyarakat desa-desa di Kecamatan Banjaran perlu diberikan pengetahuan hukum agar mengetahui upaya-upaya pencegahan terhadap tindakan-tindakan yang bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.

“PKBH FH Uniku siap untuk memberikan bantuan hukum bagi masyarakat yang tidak mampu, bantuan hukum baik dalam kegiatan Litigasi di pengadilan maupun Non Litigasi seperti konsultasi hukum, mediasi, pembuatan draf perjanjian serta yang lainnya. Kegiatan yang dilakukan PKBH merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang merupakan kewajiban dosen dalam menjalankan tridharma perguruan tinggi:, katanya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *