Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH) FH UNIKU Terakreditasi Kementerian Hukum dan HAM

Fakultas Hukum UNIKU boleh berbangga karena Sarana Pengabdian Masyarakat yang di miliki mendapat Akreditasi dari Kementerian Hukum dan HAM berdasarkan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM RI Nomor M.HH-01.HN.03.03 TAHUN 2016 Tentang Lembaga/Organisasi Bantuan Hukum Yang Lulus Verifikasi dan Akreditasi Sebagai Pemberi Bantuan Hukum Periode Tahun 2016 s.d. 2018. Di Provinsi Jawa Barat hanya ada 5 (lima) Fakultas Hukum yang mempunyai lembaga bantuan hukum yang terakreditasi oleh Kementrian Hukum dan HAM yaitu  1). Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum (PKBH) FH UNIKU, 2). Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum  FH UNSIKA Karawang, 3). Lembaga Bantuan Hukum Universitas Subang, 4). Lembaga Konsultasi dan Bantuan Hukum FH Unswagati, 5). Biro Konsultasi dan Bantuan Hukum  FH UNPAS, demikian disampaikan Ketua PKBH FH UNIKU, Suwari Akhmaddhian.,S.H,M.H. pada Senin 11 Januari 2016.

“proses verifikasi dan akreditasi berjalan cukup panjang mulai pendaftaran pada awal Oktober 2015 sampai dengan pengumuman awal Januari 2016, berdasarkan informasi yang mendaftar ada 48 (empat puluh delapan) Organisasi Bantuan Hukum yang baru dan yang dinyatakan lulus 21 (dua puluh satu)  Organisasi Bantuan Hukum, adapun indikator penilaian mulai dari sarana prasarana, perkara yang ditangani, jumlah advokat dan para legal sampai dengan akta badan hukumnya, kita cukup optimis karena jumlah advokat yang ada pada kami yaitu lebih dari 5 (lima) orang advokat, PKBH FH UNIKU patut bersyukur kerena di usianya yang baru 3 (tiga) tahun sudah sejajar dengan fakultas-fakultas hukum yang lain di Provinsi Jawa Barat, Kelulusan Akreditasi ini menjadikan kami semakin memperkuat dalam kegiatan tridharma perguruan tinggi, selain sebagai sarana pengabdian kepada masyarakat juga sebagai inkubator mahasiswa dalam pembelajaran mahasiswa melalui proses magang”, kata Suwari menjelaskan.

Kelulusan Akreditasi Pusat Konsultasi dan Bantuan Hukum merupakan bentuk kepercayaan pemerintah atau negara kepada PKBH khususnya dan Fakultas Hukum UNIKU dan tentu kepercayaan itu harus dijaga dengan menjalankan kegiatan-kegaiatan sesuai dengan standar dari Kementerian, dengan ini diharapkan citivitas akademika FH UNIKU meningkatkan terus prestasi-prestasi pada yang akan datang, demikian disampaikan Dekan FH UNIKU, Haris Budiman.,S.H,M.H.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *