Tiga Mahasiswa Malaysia Akan Ikuti Sit In Program di Uniku


Tiga Mahasiswa Malaysia Akan Ikuti Sit In Program di Uniku

UNIKU JAYA - Tiga (3) mahasiswa negeri jiran Malaysia sudah berada di Kabupaten Kuningang dan akan mengikuti kegiatan Sit-in-Programme di Universitas Kuningan (Uniku). Ketiga mahasiswa yang akan mengikuti kegiatan “Sit In” program di Uniku adalah Khor Huan Yong, Than Cheng Yi, dan Ong Xun Seng. Mereka adalah mahasiswa dari School of Computing Universiti Utara Malaysia (UUM).

“Tiga (3) mahasiswa ini akan bersama-sama dengan mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer (FKom) Uniku lainnya akan mengikuti perkuliahan selama satu semester tahun akademik 2018/2019. Mereka akan belajar di dua prodi yakni di Teknik Informatika dan Sistem Informasi,” ujar Dekan Fakultas Ilmu Komputer (FKom) Dadang Hamdani, M.Kom., saat dimintai keterangannya, Minggu (23/09/2018).

Dadang (sapaan akrabnya), menjelaskan, pihak UUM Malaysia secara resmi telah beberapa kali menghubungi Kepala Kantor Humas Hukum dan Kerjasama Uniku Fahrus Zaman Fadhly, M.Pd., dan memastikan akan mengirimkan tiga (3) mahasiswanya untuk mengikuti perkuliahan selama kurang lebih enam bulan.

“Ini salah satu implementasi MoU yang ditandatangani antara Uniku dan UUM. UUM Malaysia melihat Uniku memiliki potensi besar sebagai Universitas yang bisa memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dunia,” ujar Dekan FKom Uniku dua (2) periode itu.

Ia menjelaskan, sudah lama UUM Malaysia membidik Uniku sebagai universitas mitra Indonesia dalam mengembangkan program students mobility mereka.

“UUM Malaysia menilai Uniku memiliki kualitas pembelajaran yang baik. Ditunjang kualitas dosen yang teruji dan fasilitas pendukung yang memadai,” ujar kandidat doktor luar negeri itu.

Guru Besar School of Computing UUM Malaysia, Prof. Dr. Ku Ruhana Ku Mahamud mengungkapkan Uniku menjadi salah satu tujuan penempatan program students mobility UUM.

“Selain Uniku, kami juga mengirimkan sejumlah mahasiswa yang majornya di IT ke Telkom University dan Unpas,” ujar Prof Ku Ruhana yang sudah beberapa kali berkunjung dan menjadi narasumber forum ilmiah di Uniku.

Guru besar Computer Science UUM ini mengungkapkan Uniku memiliki potensi sebagai perguruan tinggi maju dan unggul dalam hal teaching university atau research university.

“Sebagai teaching university, Uniku telah mendapat kepercayaan dari UUM Malaysia dengan program sit in ini. Dalam hal sebagai research university, saya dan beberapa pensyarah (dosen-red) IT UUM dan Uniku tengah merancang aktifitas penelitian bersama atau joint research. Program ini direalisasi dengan skema matching grant antara Uniku dan UUM,” papar Chief Editor dari Journal of Information and Communication Technology UUM yang terindeks Scopus. (rusep)